Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi (OS) Windows 11 pada Kamis, 24 Juni 2021 secara virtual. Perusahaan yang didirikan Bill Gates itu menyebutkan peningkatan atau upgrade gratis kepada pengguna Windows. Namun, pengguna harus memenuhi persyaratan minimum PC atau hardware requirements. Syaratnya pengguna harus memiliki PC minimum sebagai berikut CPU 64-bit, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB. Windows 11 akan dikirimkan melalui Update Windows dengan cara yang sama seperti pembaruan Windows 10 yang telah tersedia sebelumnya. Untuk melihat apakah PC Windows 10 Anda saat ini memenuhi syarat upgrade gratis ke Windows 11, dapat membuka laman Windows.com untuk download aplikasi PC Health Check. Jika Anda membeli PC terbaru, komputer tersebut juga akan memenuhi syarat untuk upgrade gratis. Namun, jika belum memperbarui ke Windows 10, jangan khawatir, Anda masih dapat memperbarui ke Windows 10 secara gratis. Setelah Windows 11 tersedia, Anda akan dapat mengunduhnya dengan cara yang sama seperti...
Cara Membuat Pivot Table Sederhana Di Microsoft Excel - Pivot Tabel merupakan fitur canggih dari Microsoft Excel yang memungkinkan sudara untuk membuat pelaporan analisa data sekaligus melakukan manipulasi data yang cepat.
Fungsi pivot table ini bertujuan agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan kriteria-kriteria yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data saudara.
Dengan menggunakan pivot table saudara dapat mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.
Untuk membuat Pivot Tabel pada Microsoft Excel, saudara harus memiliki tabel sumber data yang akan menentukan nilai pada tabel pivot. Mempersiapkan tabel sumber data adalah hal yang terpenting dalam memulai menggunakan Pivot Tabel sehingga menghasilkan jenis laporan yang saudara inginkan. Tabel sumber data harus memiliki nama kolom yang lengkap dan tidak boleh kosong. Usahakan agar tabel kolom tidak digabung (merged cell). Lihat contoh gambar berikut :
Setelah meyiapkan tabel sumber data, yang perlu saudara tetapkan adalah jenis laporan yang ingin saudara hasilkan dari tabel sumber data. Seperti contoh gambar di atas, saudara menginginkan agar pada pivot tabel menghasilkan data jumlah kondisi ac berdasarkan brand ac. Untuk membuatnya saudara harus mengikuti langkah-langkah berikut :
1. Pilih Menu Insert lalu Klik pada Pivot Table;
2. Tentukan range untuk tabel sumber data pada form Create Pivot Table seperti contoh gambar di bawah ini;
3. Pivot Table akan membuka sheet baru, seperti contoh gambar di bawah ini;
4. Menentukan tabel sumber data untuk pelaporan pivot table, saudara dapat menentukan jenis laporan yang saudara inginkan. Kembali kepada kasus yang telah dibahas, berdasarkan tabel sumber data, kita akan membuat pelaporan jumlah kondisi ac berdasarkan brand ac, maka data filter yang akan kita gunakan adalah brand ac. Untuk lebih jelas lagi perhatikan contoh gambar di bawah ini;
5. Karena kita akan menentukan jumlah kondisi ac pada site berdasarkan ac brand, maka klik kanan pada sum of site, seperti contoh gambar di bawah;
6. Pada jendela Value Field Setting pilih count lalu ok;
7. pilih ac coundition pada Row Labels klik dan tarik ke Colum Labels untuk memindahkan menajdi kolom, seperti contoh gambar berikut;
Demikian Cara Membuat Pivot Table Sederhana Di Microsoft Excel, semoga bermanfaat dan dapat membantu saudara-saudara sekalian.
Terimakasih..
Baca juga :
Fungsi pivot table ini bertujuan agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan kriteria-kriteria yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data saudara.
Dengan menggunakan pivot table saudara dapat mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.
Untuk membuat Pivot Tabel pada Microsoft Excel, saudara harus memiliki tabel sumber data yang akan menentukan nilai pada tabel pivot. Mempersiapkan tabel sumber data adalah hal yang terpenting dalam memulai menggunakan Pivot Tabel sehingga menghasilkan jenis laporan yang saudara inginkan. Tabel sumber data harus memiliki nama kolom yang lengkap dan tidak boleh kosong. Usahakan agar tabel kolom tidak digabung (merged cell). Lihat contoh gambar berikut :
Cara Membuat Pivot Table
Setelah meyiapkan tabel sumber data, yang perlu saudara tetapkan adalah jenis laporan yang ingin saudara hasilkan dari tabel sumber data. Seperti contoh gambar di atas, saudara menginginkan agar pada pivot tabel menghasilkan data jumlah kondisi ac berdasarkan brand ac. Untuk membuatnya saudara harus mengikuti langkah-langkah berikut :
1. Pilih Menu Insert lalu Klik pada Pivot Table;
2. Tentukan range untuk tabel sumber data pada form Create Pivot Table seperti contoh gambar di bawah ini;
3. Pivot Table akan membuka sheet baru, seperti contoh gambar di bawah ini;
4. Menentukan tabel sumber data untuk pelaporan pivot table, saudara dapat menentukan jenis laporan yang saudara inginkan. Kembali kepada kasus yang telah dibahas, berdasarkan tabel sumber data, kita akan membuat pelaporan jumlah kondisi ac berdasarkan brand ac, maka data filter yang akan kita gunakan adalah brand ac. Untuk lebih jelas lagi perhatikan contoh gambar di bawah ini;
5. Karena kita akan menentukan jumlah kondisi ac pada site berdasarkan ac brand, maka klik kanan pada sum of site, seperti contoh gambar di bawah;
6. Pada jendela Value Field Setting pilih count lalu ok;
7. pilih ac coundition pada Row Labels klik dan tarik ke Colum Labels untuk memindahkan menajdi kolom, seperti contoh gambar berikut;
Demikian Cara Membuat Pivot Table Sederhana Di Microsoft Excel, semoga bermanfaat dan dapat membantu saudara-saudara sekalian.
Terimakasih..
Baca juga :
Komentar
Posting Komentar