Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi (OS) Windows 11 pada Kamis, 24 Juni 2021 secara virtual. Perusahaan yang didirikan Bill Gates itu menyebutkan peningkatan atau upgrade gratis kepada pengguna Windows. Namun, pengguna harus memenuhi persyaratan minimum PC atau hardware requirements. Syaratnya pengguna harus memiliki PC minimum sebagai berikut CPU 64-bit, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB. Windows 11 akan dikirimkan melalui Update Windows dengan cara yang sama seperti pembaruan Windows 10 yang telah tersedia sebelumnya. Untuk melihat apakah PC Windows 10 Anda saat ini memenuhi syarat upgrade gratis ke Windows 11, dapat membuka laman Windows.com untuk download aplikasi PC Health Check. Jika Anda membeli PC terbaru, komputer tersebut juga akan memenuhi syarat untuk upgrade gratis. Namun, jika belum memperbarui ke Windows 10, jangan khawatir, Anda masih dapat memperbarui ke Windows 10 secara gratis. Setelah Windows 11 tersedia, Anda akan dapat mengunduhnya dengan cara yang sama seperti...
Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel - Sebelum kita menggunakan fungsi VLOOKUP dan Hlookup kita harus tau apa itu Fungsi VLOOKUPdan Hlookup.
Fungsi VLOOKUP dan Hlookup adalah untuk pembacaan tabel dimana dua atau
lebih tabel mempunyai data yang saling dihubungkan. Jika tabel disusun
secara Vertikal kita menggunakan rumus fungsi VLOOKUP sedangkan jika
tabel disusun secara Horizontal maka kita gunakan rumus fungsi Hlookup.
Cara menggunakan Fungsi VLOOKUP :
- Buka Microsoft Excel :
- Buat contoh soal seperti di bawah ini :
Melihat contoh soal di atas, yang harus kita isikan adalah menghitung
gaji pokok, tunjangan, uang makan, total gaji, pajak, gaji bersih dan
total.
Untuk menghitung gaji pokok gunakan fungsi vlookup di sel D7. Setelah mengisi formula pilih sel B7 lalu drag tabel gaji (sel B15 hingga sel D19) "=VLOOKUP(B7,$B$15:$D$19,2,0)". Bentuk penulisan fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu, =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num).
Yang perlu anda ketahui lookup_value, diisi dengan nilai sebagai dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data. Table_array merupakan range data yang disusun tegak atau vertikal yang berfungsi sebagai tabel bantu yang akan dibaca. Col_index_num, nomor urut kolom untuk pembacaan tabel yang dimulai dari kolom paling kiri.
Catatan: karena posisi “tabel gaji” yang akan dibaca diposisinya tetap, untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag tambahkan $, untuk mengabsolutkan sel/range. Proses pengerjaannya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini :
cara menghitung tunjangan sama seperti cara diatas hanya saja kolom tunjangan disesuaikan
cara menghitung total gaji cukup dengan =D7+E7
Cara menghitung Pajak gunakan fungsi HLOOKUP di sel G7, Setelah mengisi formula pilih sel B7 lalu drag tabel gaji (sel F14 hingga sel H15) dikalikan dengan sel D7 "=HLOOKUP(B7,$F$14:$H$15,2,0)*D7" Seperti gambar di bawah ini.
Cara menghitung Gaji Bersih =F7-G7 lalu ketik enter
Demikian Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel, Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Untuk menghitung gaji pokok gunakan fungsi vlookup di sel D7. Setelah mengisi formula pilih sel B7 lalu drag tabel gaji (sel B15 hingga sel D19) "=VLOOKUP(B7,$B$15:$D$19,2,0)". Bentuk penulisan fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu, =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num).
Yang perlu anda ketahui lookup_value, diisi dengan nilai sebagai dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data. Table_array merupakan range data yang disusun tegak atau vertikal yang berfungsi sebagai tabel bantu yang akan dibaca. Col_index_num, nomor urut kolom untuk pembacaan tabel yang dimulai dari kolom paling kiri.
Catatan: karena posisi “tabel gaji” yang akan dibaca diposisinya tetap, untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag tambahkan $, untuk mengabsolutkan sel/range. Proses pengerjaannya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini :
cara menghitung tunjangan sama seperti cara diatas hanya saja kolom tunjangan disesuaikan
cara menghitung total gaji cukup dengan =D7+E7
Cara menghitung Pajak gunakan fungsi HLOOKUP di sel G7, Setelah mengisi formula pilih sel B7 lalu drag tabel gaji (sel F14 hingga sel H15) dikalikan dengan sel D7 "=HLOOKUP(B7,$F$14:$H$15,2,0)*D7" Seperti gambar di bawah ini.
Cara menghitung Gaji Bersih =F7-G7 lalu ketik enter
Demikian Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel, Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Terimakasih..
BalasHapusIni sangat membantu saya..
Terimakasih..
BalasHapusIni sangat membantu saya..